Total Tayangan Halaman

Rabu, 11 Mei 2011

_REPRODUKSI NASKAH_

Ringkasan merupakan penyingkatan dari suatu tulisan yang bagian babnya secara proposional tetap di pertahankan dalam bentuk asli yang singkat atau cara yang efektif untuk menyajikan suatu tulisan yang panjang dalam bentuk yang singkat.
Berikut ciri dari ringkasan :
1. menyingkat suatu tulisan yang panjang
3. memiliki struktur wacana yang tetap, tetapi tidak berubah sesuai dari unsur teks tulisan
3. mempunyai intisari dari tulisan

Ikhtisar hampir menyerupai ringkasan yaitu, menyingkat suatu bacaan dengan mengambil bagian penting tanpa harus terikat pada struktur wacana yang diikhtisarkan.
Ikhtisar dapat dinyatakan berupa kalimat, selain itu ikhtisar juga dapat dinyatakan dalam bentuk bagan, kerangka, resume dan sebagainya.

Abstraksi adalah proses yang ditempuh pikiran untuk sampai pada konsep yang bersifat universal. Prosesnya dari pengetahuan mengenai obyek individual yang bersifat spasiotemporal atau ruang dan waktu. Pikiran melepaskan sifat individual dari obyek dan membentuk konsep universal.
Abstraksi berupa simbolis atau secara konseptual serta secara imajinatif yang tidak dialami secara langsung atau konkret.
Dalam logika tradisional: proses menghasilkan konsep universal dari obyek partikular. Misalnya konsep “manusia” diangkat dari pria dan wanita yang merupakan obyek partikular.
Aspek atau bentuk kognisi yang secara mental menyendirikan ciri-ciri obyek itu dari yang lain. Baik proses maupun hasil dari penyendirian tersebut disebut abstraksi.

Resensi ialah ulasan yang mengenai nilai dari suatu hasil karya, baik berupa buku, novel, majalah, komik, film, kaset, CD, DVD, maupun VCD. Tujuan resensi, untuk menyampaikan para pembaca sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.


_htm_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar